Jumat, 22 Juni 2012

TUJUAN BELAJAR MATEMATIKA

TUJUAN BELAJAR MATEMATIKA

Seringkali siswa di dalam kelas jenuh bila terus menerus belajar matematika tanpa tahu tujuan mempelajarinya untuk apa.
Sebenarnya apa sih tujuan belajar matematika sehingga mulai TK, SD, SMP, SMU bahkan sampai perguruan tinggi kita tetap belajar matematika? Saat mau lulus SD, SMP dan SMU, matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang diujikan. Bahkan saat kita mau masuk dunia kerjapun, matematika menjadi salah satu indicator penerimaan pegawai baru.

Mengapa harus matematika?? Mengapa bukan yang lain?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka kita harus tahu apa tujuan belajar matematika. Tujuan belajar matematika terbagi menjadi 2, yaitu tujuan secara umum dan tujuan secara khusus.
Tujuan belajar matematika secara umum adalah untuk membentuk pola pikir kita menjadi logis, kritis, sistematis dan konsisten. Kemudian diharapkan dengan terbentuknya pola pikir seperti itu akan memudahkan kita dalam memecahkan masalah-masalah yang sering timbul dalam kehidupan sehari-hari.. Jadi tujuan mempelajari matematika secara umum sifatnya adalah abstrak, tidak bisa dipegang, tidak berwujud akan tetapi bisa dirasakan akibatnya. Itulah sebabnya, mengapa matematika selalu dipakai dan dipelajari bahkan di jenjang pendidikan yang tinggi sekalipun
Sedangkan tujuan matematika secara khusus banyak sekali. Antara lain, dalam ilmu ekonomi, ada matematika ekonomi, dalam listrik dan elektronika dibutuhkan aljabar bool salah satu obyek ajar matematika, dalam penciptaan software computer diperlukan metode numeric (juga salah satu obyek ajar dalam matematika), masih banyak lagi disiplin ilmu yang menggunakan aplikasi dari matematika.
Demikianlah, pengetahuan ini disampaikan agar membuat siapa saja yang mempelajari matematika dapat memahami arah dan tujuan dalam mempelajarinya, karena berjalan tanpa arah dan tujuan bisa membuat kita tersesat dan kehilangan waktu. Walahu’alam bi showab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar