Selasa, 12 Juni 2012

kemampuan guru dalam mengajar

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGAJAR


Dalam suatu bidang pendidikan guru merupakan hal yang paling utama. Dimana gur menjadi pemfasilisator, penunjang, pembimbing, dan penentu arah bagi kemampuan para siswanya. Untuk itu didalam mengajar guru harus mempunyai keahlian/ kemampuan khusus. Ada empat macam kemampuan yang harus dimiliki guru dalam mengajar yaitupedagogik( art of teaching), kemampuan social , kemampuan akademis, fdan kemampuan kepribadian.
Pertama pedagogic. Yang saya tahu pedagogic adalah seni dalam mengajar, menyampaikan dengan metode-metode yang berbeda agar siswa tidak bosan. Lalu memiliki ketrampilan teknis dalam mengajar antara lain ketrampilan merencanakan pembelajaran, bertanya, mengelola kelas, serta memotivasi siswa.
Kedua kemampuan social yaitu bagaimana cara kita mengelola hubungan dengan siswa, memiliki pengetahuan tentang belajar serta tingkah laku peserta didik.
Ketiga kemampuan akademis. Dimana guru harus menguasai mata pelajaran yang akan diajarkan nanti. Kita sebagai calon guru harus meningkatkan kemampuan yang kita miliki karma para siswa tidak akan mendapat apa-apa jika kita sendiri sebagai gurunya tidak menguasai materi yang kita ajarkan.
The last atau terakhir, kemampuan kepribadian. Siswa yang baik mencerminkan guru yang baik. Artinya jika guru bias menjaga sikapnya baik itu terhadap diri sendirisekolah, peserta didik, teman sejawat serta mata pelajaran yang akan diajarkan.
Itulah kemampuan-kemampuan yang wajib dimiliki oleh guru agar dapat menjadi guru yang professional, menjadi conto bagi para siswa-siswinya karena guru lah yang menjadi tolak ukur bagi cerdasnya suatu bangsa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar