Jumat, 15 Juni 2012

PENGERTIAN PMRI

Definisi Pendidikan Matematika Realistik Indonesia(PMRI)

Secara garis besar PMRI atau RME adalah suatu teori pembelajaran yang
telah dikembangkan khusus untuk matematika. Konsep matematika
realistik ini sejalan dengan kebutuhan untuk memperbaiki pendidikan
matematika di Indonesia yang didominasi oleh persoalan bagaimana   meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika dan mengembangkan daya nalar. 
Ciri-ciri PMRI

Pendidikan Matematika Realistik Indonesia adalah pendekatan
pembelajaran yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a. Menggunakan masalah kontekstual, yaitu matematika dipandang
sebagai kegiatan sehari-hari manusia, sehingga memecahkan
masalah kehidupan yang dihadapi atau dialami oleh siswa (masalah
kontekstual yang realistik bagi siswa) merupakan bagian yang
sangat penting.
b. Menggunakan model, yaitu belajar matematika berarti bekerja
dengan matematika (alatmatematis hasilmatematisasi horisontal).
c. Menggunakan hasil dan konstruksi siswa sendiri, yaitu siswa diberi
kesempatan untuk menemukan konsep-konsep matematis, di bawah
bimbingan guru.
d. Pembelajaran terfokus pada siswa
e. Terjadi interaksi antara murid dan guru, yaitu aktivitas belajar
meliputi kegiatan memecahkan masalah kontekstual yang realistik,
mengorganisasikan pengalaman matematis, dan mendiskusikan
hasil-hasil pemecahan masalah tersebut (Suryanto dan Sugiman,2006)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar